Visi SMP Negeri 1 Tempel

 

Unggul dalam berprestasi, terampil,  agamis, berbudaya dan berwawasan global.

Indikator Visi :

Berprestasi:

  1. Tercapainya prestasi belajar peserta didik baik akademik maupun non-akademik
  2. Tercapainya guru prestasi bidang akademik maupun non-akademik

Terampil:

  1. Terciptanya peserta didik yang terampil dalam intrakurikuler dan ekstrakurikuler
  2. Terciptanya peserta didik yang terampil menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh

Agamis:

  1. Tercapainya semua warga sekolah dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing
  2. Terciptanya suasana kehidupan sekolah yang agamis
  3. Terciptanya sikap perilaku yang menjujung tinggi budi pekerti luhur

Berbudaya:

  1. Terciptanya budaya pembiasaan yang baik
  2. Tercapainya ketertiban di lingkungan sekolah dan luar sekolah
  3. Terpeliharanya budaya daerah melalui kegiatan seni di SMP Negeri 1 Tempel
  4. Terciptanya sekolah yang berwawasan gender dan berpendidikan karakter
  5. Terciptanya sekolah yang beretika lalu lintas

Berwawasan Global:

  1. Terciptanya sikap perilaku warga sekolah yang baik dalam menggunakan media sosial
  2. Terciptanya kemampuan belajar peserta didik maupun guru/ karyawan dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi-aplikasi yang mendukung pembelajaran
  3. Terciptanya keaktifan peserta didik, guru/ karyawan dalam mencari informasi melalui internet

 

 

 

Misi SMP Negeri 1 Tempel

Berprestasi:

  1. Melaksanakan pembelajaran sesuai standar nasional pendidikan
  2. Menyusun dan melaksanakan kurikulum SMP N 1 Tempel
  3. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
  4. Mewujudkan pendidikan yang bermutu, efisien, dan relevan serta berdaya saing tinggi
  5. Memfasilitasi dan meningkatkan pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan secara maksimal
  6. Mewujudkan sistem pendidikan yang transparan, akuntabel, partisipatif dan efektif
  7. Melaksanakan penilaian hasil belajar sesuai standar penilaian
  8. Menyelenggarakan pembelajaran akademik tambahan di luar intrakurikuler
  9. Menyelenggarakan pembelajaran non-akademik
  10. Memotivasi guru/ karyawan untuk terus belajar

Terampil:

  1. Menciptakan suasana belajar peserta didik yang menyenangkan yang dapat membangkitkan semangat dan ketrampilan peserta didik dalam belajar
  2. Menggali kemampuan peserta didik dalam menerapkan ilmu yang dipelajari

Agamis:

  1. Memastikan semua warga sekolah menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing
  2. Menciptakan suasana berinteraksi antar peserta didik, guru/ karyawan, peserta didik dengan guru/ karyawan yang berdasarkan ajaran-ajaran agama
  3. Mewujudkan suasana agamis dalam proses pembelajaran di sekolah
  4. Mewujudkan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan agama
  5. Menciptakan sikap perilaku warga sekolah yang menjunjung tinggi budi pekerti luhur sebagai penerapan dari penghayatan agamanya

Berbudaya:

  1. Menciptakan budaya pembiasaan yang baik bagi peserta didik, guru, dan karyawan
  2. Mewujudkan aturan tata tertib di sekolah dan luar sekolah
  3. Menciptakan kedisiplinan peserta didik
  4. Menciptakan kedisiplinan guru dan karyawan
  5. Mewujudkan pelestarian dan pengembangan seni budaya daerah dan atau sesuai lingkungan masyarakat sekitar
  6. Melaksanakan pembinaan karakter yang berwawasan gender dalam pengembangan diri peserta didik.
  7. Mewujudkan kondisi lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih dan sehat
  8. Mewujudkan kesadaran peserta didik tentang mitigasi bencana
  9. Mewujudkan kesadaran peserta didik tentang etika berlalu lintas.

Berwawasan Global

  1. Mengadakan jaringan internet sekolah yang memadai
  2. Mengadakan Website Sekolah
  3. Mencukupi komputer yang proporsional untuk guru/ karyawan maupun peserta didik
  4. Memastikan semua guru/ karyawan memiliki HP berandroid
  5. Mendorong kemampuan peserta didik dan guru/ karyawan dalam memanfaatkan media sosial dengan bijaksana
  6. Menciptakan keaktifan peserta didik, guru/ karyawan dalam mencari informasi melalui internet untuk meningkatkan kompetensi ilmu pengetahuan